UNIKI Audiensi Dengan Kodam Iskandar Muda

Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen, Aceh, melakukan Audiensi dengan Kodam Iskandar Muda (IM) Aceh pada Jumat 8 Mei 2020. Kedatangan rombangan UNIKI yang terdiri atas Rektor UNIKI, Dr. Marwan, M.Pd bersama Dekan Faperta, drh. Yusrizal Akmal, M.Si dan beberapa dosen PS Sain Pertanian, selain melakukan Silaturahmi, juga dalam rangka penjajakan penawaran program Ketahana Pangan Aceh di masa Covid’19.

Dr. Hilmi Bakar merupakan Pembina tim Faperta UNIKI mengatakan, bahwa ketahanan pangan ini sangat penting sebagai tembok terakhir rakyat untuk bertahan dalam wabah Covid -19. Beliau juga mengatakan Covid-19 belum ada yang dapat memastikan kapan akan berakhir. Banyak teori teori yang belum memiliki dasar dalam kondisi sekarang ini.

Dekan Faperta UNIKI drh Yusrizal Akmal., M.Si menambahkan dengan kondisi wabah yang seperti ini, pihak nya melakukan banyak kajian yang dapat mempertahankan kelangsungan hidup orang banyak dan menjelaskan seberapa pentingnya ketahanan pangan itu sendiri bagi bangsa Aceh. Aceh yang merupakan Bangsa besar dengan luas wilayah yang cukup dan sangat menjamin untuk dilakukannya percepatan ketahanan pangan dalam darutat pangan dalam bencana non alam ini.

Ketua Staff Ahli Faperta, Mizan Maulana S.P., M.Si mengatakan program yang diajukan ini bersifat berkelanjutan serta diawasi, program pertama yang diajukan yaitu efesiensi lahan padi masyrakat dan program kedua yaitu pemanfaatan serta menjadikan lahan tidur lebih berproduktif. Menurutnya kendala produksi pangan di Aceh khususnya padi yaitu kurang nya stok pupuk dan benih yang mulai langka dipasaran. Adapun hal lainnya hama dan penyakit yang lamban diantisipasi yang dapat menyebabkan gagal panen, disini dibutuhkan pengawas, penyuluh atau akademisi yang dapat membantu petani dalam meningkatkan produksi nya.

Menurut Panglima Iskandar Muda Gerakan UNIKI ini harus diapresiasikan dan didukung semaksimal mungkin dan ini akan kita teruskan ke pemerintah provinsi Aceh. Keseriusan penanganan pangan harus kita persiapkan jauh jauh hari agar tidak terjadi kepanikan di tengah-tengah masyarakat.

Baca lengkap : https://www.acehpost.id/2020/05/uniki-bireuen-lakukan-silaturahmi.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *