Pakar Manajemen SDM Universitas Ibn Khaldun Bogor isi Webinar UNIKI

aSabtu, 20 Juni 2020, pakar Manajemen SDM khususnya Kajian Manajemen Pendidikan, Dr. Amir Tengku Ramly, M.Si, berkesempatan menjadi narasumber dalam kegiatan Webinar Program Studi S2 Magister Manajemen Fakutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI). Webinar, dengan aplikasi Zoom Cloud Meeting ini menampilkan tema “Pengembangan Diri dan Profesi Based Pumping HR Model melalui Penguatan Personality, Kompetensi dan Nilai-nilai Spritualitas” .  Amir yang saat ini bekerja sebagai Kepala Pusat Studi SDM Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor. Merilis hasil survey tentang praktek manajemen talenta (personality), yang dilakukan oleh Berger dan Berger (2007) menyimpulkan bahwa “untuk mengoptimalkan kemampuan dalam mencapai keunggulan yang langgeng, organisasi harus memiliki manajemen talenta yang proaktif dan memiliki cara yang sistematis untuk melakukan aktifitas manajemen talenta tersebut”.   Pemahaman, penguatan, dan manajemen talenta menjadi semakin penting untuk organisasi yang berorientasi pada kebutuhan pelanggan, layanan dan berdaya saing unggul, ungkap Amir. Dalam webinar yang di ikuti lebih dari 70 mahasiswa dan Dosen MM UNIKI, di pandu langsung oleh salah satu dosen manajemen komunikasi, Dr. Fauzi, M.Kom.I. Intisari yang menarik sebut Fauzi, bahwa paparan Amri menyatakan “Kemampuan dalam mengembangkan diri manusia sangat dibutuhkan dalam sebuah profesi yg digelutinya, kemampuan ini bisa ditingkatkan sendiri oleh manusia dengan akal yang dianugerah oleh Allah SWT kepada setiap manusia untuk mengembangkan potensi yangg ada pada dirinya, inilah yg disebut dengan Human Resource Model yang menekankan pada tiga komponen yaitu Principle, Competensy, dan Action. Doktor Manajemen Pendidikan UNJ Jakarta, ini menjelaskan, Personaliti adalah prilaku dan karakter seseorang sedangkan Competensy merupakan perpaduan kepribadian seseorang dan profesionalismenya. Competensy pada personal Mastery meliputi vision, leadership dan managemen. Sedangkan professsion Mastery meliputi motivation, exercise dan knowledge. Beliau juga mengulangi, bahwa Kerangka Pumping-HR Model terbentuk dalam 3 fondasi utama yaitu pumping principle, pumping competency dan pumping action  yang bersumber dari pendekatan-pendekatan teori yang telah ada dan teruji secara ilmiah, yaitu (1) menggunakan perumpamaan pohon yang baik yang terdiri dari akar, batang dan buah/daun, (2) bersandar pada prinsip-prinsip model milky way (tata surya) yang terdiri dari pusat orbit, titik orbit dan garis orbit, (3) bersandar pada teori Iceberg yang memperlihatkan 3 alam manusia, yaitu bawah sadar (unconsious), prasadar (praconsious) dan alam sadar (consious), (4) bersandar pada teori-teori modern tentang anugerah manusiawi, yaitu pancaindera, otak, dan hati.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Program MM, Dr. Zainuddin Iba, SE., M.M merasa bersyukur atas kesedian Dr Amri Tengku Ramly dalam men-share ilmu dan hasil penelitian yang diperoleh beliau kepada mahasiswa di UNIKI.   Apalagi hampir semua yang ikut dalam webinar ini adalah para pendidik dan Pimpinan Sekolah SMA yang saat ini menempuh stidi S2 Manajemen dengan konsentrasi Manaemen Pendidikan. Beliau, juga merencanakan dalam acara webinar pada bulan mendatang dengan tema yang lain, msih berkaitan dengan konsenrasi Manajemen pendidikan – agar mahasiswa memperoleh bahan studi untuk tugas akhir Tesis mereka, tutup Zainuddin.

3 thoughts on “Pakar Manajemen SDM Universitas Ibn Khaldun Bogor isi Webinar UNIKI”

      1. ya,saya pernah ikut wabinar di Universitas ibn khadun bogor,tapi wabinar yang kerja sama dengan uniki tidak sempat,sukses terus uniki kami pasca uniki anggkatan VI 2020,.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *