Pelatihan kepemimpinan UNIKI diwakilkan oleh Dosen Komputer dan Multimedia Mutasar, S.Kom., M.Kom

Dekan Fakultas Komputer dan Multimedia , Universitas Islam Kebangsaan Indonesia Mutasar, S.Kom., M.Kom mengikuti Program Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Perguruan Tinggi (PKKPT) untuk perguruan Tinggi Batch 1 yang di selenggarakan oleh Kemendikbud Ristekdikti  di kampus Universitas Padjadjaran Bandung, Senin-Minggu (20-26/11/2023).

Kegiatan tersebut  dibuka secara langsung oleh Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Dikti Kemendikbudristek Mohammad Sofwan Effendi. Dalam sambutanya Mohammad Sofwan Effendi menegaskan bahwa luaran dari program ini dapat meningkatkan kemampuan manajerial pengelolaan Institusi di PTS/PTN. “Kita ingin menghasilkan lulusan dari program ini yang siap memimpin perguruan tinggi secara substantif dan secara manajerial korporasi,” kata Sofwan.

Ia mengungkapkan, salah satu transformasi yang dilakukan oleh Dirjen Diktiristek adalah penguatan dan peningkatan mutu SDM, yaitu dosen dan pimpinan perguruan tinggi. Pimpinan perguruan tinggi pun bukan hanya harus menguasai bidang akademik, tetapi juga non-akademik, terutama entrepreneurship.

Selain itu, sebagai Dekan/Direktur Pascasarjana, diharapkan dapat mengelola fakultas/sekolah Pascasarjana dengan karakter masing-masing perguruan tinggi, sejalan misi diferensiasi perguruan tinggi sekaligus mendorong lulusan untuk mempunyai kapasitas di bidang akademik dan non akademik.

Sofwan berharap, peserta dalam kegiatan ini dapat menyerap ilmu secara maksimal dan menerapkannya sebagai ilmu yang bermanfaat di perguruan tinggi masing-masing. Program PKKPT di Unpad ini menggunakan modul atau kurikulum yang disusun oleh konsorsium Indonesian Higher Education Leadership (iHiLead) yang bekerja sama dengan Perkumpulan Pendidikan Kepemimpinan Perguruan Tinggi.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Sumber Daya Manusia Unpad sekaligus ketua panitia Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., Ph.D menjelaskan bahwa selain pemaparan materi, peserta juga akan melakukan studi lapangan. Acara akan diisi oleh sejumlah narasumber dari Unpad, di antaranya Rektor ke-11 Unpad Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr mengenai Kepemimpinan Otentik pada Perguruan Tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *