Program Studi Informatika UNIKI Raih Akreditasi Baik Sekali

Program Studi Informatika Universitas Islam Kebangsaan (UNIKI) adalah Program Studi tertua di Provinsi Aceh didikan pada tahun 2000, sebelum bergabung menjadi UNIKI berada di bawah Sekolah Tinggi Informatika Komputer (STMIK) Bina Bangsa, saat ini berusia ± 23 tahun.

Pendirian Program studi ini awalnya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Tenaga Informatika dan Teknologi diberbagai instansi pemerintah dan swasta di Provinsi Aceh khususnya di Kabupaten Aceh Utara dan Bireuen yang diselenggarakan oleh Yayasan Bina Bangsa Lhokseumawe. Seiring dengan perkembangannya mahassiswa yang mendaftar bukan hanya dari Aceh tetapi ada juga yang dari luar Aceh, seperti Medan, Padang, Palembang dan beberapa yang berasal dari pulau jawa, memiliki alumni ± 3000.

Pada awal berdirinya kampus masih status sewa di Cunda dekat komplek Suzuya,  saat itu  belum memiliki fasilitas yang lengkap dan SDM yang masih sangat kurang, kemudian pada tahun  2015 mendirikan kampus sendiri di simpang elak Alue Awe Lhokseumawe. Pada tanggal 30 April 2019 bergabung menjadi UNIKI dibawah pembinaan Yayasan Kebangsaan Bireuen. Sebelum bergabung ke UNIKI telah melakukan  beberapa kali proses Akreditasi dengan nilai C dan dikonversi sesuai ketentuan BAN-PT pada tahun 2020 menjadi BAIK.

Pada akhir tahun 2022 UNIKI mengajukan akreditasi kembali, hasil visit lapangan pada bulan Maret 2023 yang lalu, menghasilkan Akreditasi Baik Sekali sesuai dengan Surat Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Informaatika dan Komputer (LAM-INFOKOM) Nomor : 050/SK/LAM-INFOKOM/Ak/S/IV/2023 tanggal 7 April 2023.

Pembina dan Rektor berharap dengan perolehan nilai Akreditasi Baik Sekali dan didukung dengan SDM yang telah memiliki Fungsional sesuai dengan ketentuan serta fasilitas yang sangat memadai Program Studi Informatika UNIKI  akan mampu mencetak tenaga-tenaga IT yang sangat dibutuhkan saat ini dan dimasa depan di tingkat lokal, nasional dan internasional

Amiruddin selaku pembina Yayasan Kebangsaan Bireuen juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor dan seluruh Tim yang terlibat dalam proses Akreditasi Program Studi Informatika Fakultas Multimedia dan Komputer (FKOM) UNIKI, semoga akan lebih berkembang lagi dan mampu bersanding dengan PTS yang telah maju.

Bireuen, 14 Mei 2023

Tim Humas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *